Hadiahkan Sedekah untuk Orang Tua yang Telah Meninggal

Menghadiahkan sedekah untuk orang tua yang telah meninggal merupakan salah satu bentuk hadiah yang diperbolehkan. Dan Insya Allah pahala akan sampai pada mereka.

Mungkin semasa hidupnya belum sempat beramanah kepada ahli waris untuk menyedekahkan sebagian hartanya kepada yang berhak menerima.

Mari simak hadis dari Aisyah radhiallahu ‘anha, bahwa ada seorang lelaki yang berkata kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

“Ibuku mati mendadak, sementara beliau belum berwasiat. Saya yakin, andaikan beliau sempat berbicara, beliau akan bersedekah. Apakah beliau akan mendapat aliran pahala, jika saya bersedekah atas nama beliau?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Ya. Bersedekahlah atas nama ibumu.” (HR. Bukhari 1388 dan Muslim 1004).

hadiah sedekah
hadiah sedekah

Lantas sedekah seperti apa yang dianjurkan itu?

Yaitu sedekah yang sifatnya lebih permanen seperti untuk pondok pesantren, dakwah penyebaran ilmu, pembangunan sarana pendidikan Islam, pembangunan masjid, sedekah pembuatan sumur, dan lain-lain.

Insya Allah pahala akan lebih lama diterima oleh orang tua.

Ini adalah salah satu bakti kepada orang tua yang telah tiada, dimana mereka saat ini tidak mengharap apa-apa selain doa permohonan ampun dari anak sholeh, dan sedekah amal jariyah.

Sungguh kita tidak akan bisa membalas kasih sayang dan pengorbanan orang tua kepada kita secara sempurna. Karena kesibukan dan kecintaan terhadap dunia sering melalaikannya.

Untuk itu kita hadiahkan sedekah kepada mereka dengan harapan, sedekah itu menjadi hal yang dapat membahagian mereka di sana.

Hadiahkan yang terbaik untuk mereka, karena pengorbanan kita tak sebanding dengan apa yang telah mereka berikan kepada kita.

Saat ini banyak cara untuk memberikan sedekah hadiah kepada orang tua, salah satunya dengan sedekah online. Cara ini sangat memudahkan karena anda bisa bersedekah tanpa batasan ruang dan waktu. Kapanpun bisa dilakukan.

Apalagi bagi anda yang sudah terbiasa menggunakan Internet Banking ataupun e-money (dana, vivo, shopeepay, linkaja, gopay, dll).

Peluang untuk bersedekah semakin lebar dan tentunya jangan ditunda dalam melakukan kebaikan, karena waktu kita terbatas.

Semoga Allah Ta’ala memudahkan langkah kita dalam melakukan amal sholeh, terutama memberikan hadiah terindah berupa sedekah jariyah untuk orang tua kita yang telah tiada.